Tips Sederhana Menyusun Pola Makan Sehat

| September 17, 2012 | 0 Comments

Pola makan sehat menjadi gaya hidup yang sangat dianjurkan, terutama dengan semakin banyaknya aktivitas saat ini. Pola makan sehat menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit degeneratif seperti serangan jantung, diabetes, dan juga untuk mencegah obesitas. Pola makan yang memperhatikan asupan gizi seimbang dan waktu makan ini dipercaya dapat membantu menjaga berat badan ideal dan juga membantu proses penurunan berat badan untuk mencegah obesitas.

Menyusun Pola Makan Sehat

Hal yang harus diperhatikan untuk menyusun pola makan sehat adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung serat. Tujuannya untuk mendapatkan nutrisi yang berbeda-beda yang terkandung dalam berbagai macam –makanan tersebut. Menyusun pola makan dengan menu monoton cenderung membatasi asupan nutrisi yang diperoleh tubuh.

Menyusun pola makan sehat tidak serta merta berarti menghindari secara total makanan favorit Anda, terutama yang mengandung kadar gula tinggi. Inti dari penyusunan pola makan ini adalah pada porsi dan pengontrolan pola makan. Sesuaikan porsi makanan Anda dengan rutinitas sehari-hari. Orang yang cenderung aktif dengan kegiatan luar ruangan membutuhkan asupan kalori lebih banyak daripada mereka yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Untuk itu, evaluasi rutinitas Anda sehari-hari untuk mulai menakar porsi yang sesuai dalam pola makan Anda.

Kombinasi Pola Makan Sehat

Kombinasi makanan sehat sehari-hari sangat dianjurkan untuk kaya serat. Oleh karena itu, sayuran menjadi porsi terbanyak dalam piring makanan anda. Setelah itu diikuti oleh protein. Sangat dianjurkan untuk lebih memilih protein nabati dari biji-bijian dan kacang-kacangan ketimbang protein hewani untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang juga terkandung dalam makanan tersebut.
Selanjutnya, biji-bijian kaya serat seperti beras merah dan roti gandum utuh menempati porsi terakhir dalam piring makan Anda. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat yang membuat Anda lebih cepat merasa kenyang dan nutrisinya diserap secara bertahap oleh tubuh. Hal ini membantu mencegah lonjakan kadar insulin dan gula darah sesaat setelah makan.

Tambahkan buah-buahan berwarna kuning, merah, atau hijau sebagai makanan penutup. Cukupi kebutuhan cairan untuk tubuh dengan meminum minimal 8 gelas air per hari dan meminum segelas air sebelum makan untuk mengontrol porsi makan Anda. Batasi konsumsi makanan dan minuman ringan kesukaan Anda hanya satu atau dua kali seminggu dan lakukan olahraga ringan secara rutin untuk melengkapi pola makan sehat Anda.

Tags:

Category: Menu Diet

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *